Minggu, 05 Februari 2012


Program Studi dan Peminatan di Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya


Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya memiliki Program Studi Sarjana Strata Satu dengan Program Studi Administrasi Niaga dan Program Studi Ilmu Komunikasi, dengan proses pembelajaran yang kreatif. Mahasiswa dibina untuk memiliki kapabilitas, kreativitas, kepedulian, dan kontekstual terhadap perkembangan jaman. 
 
Program Studi Administrasi Niaga
Perkembangan bisnis dewasa ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi para pebisnis baru. Kurikulum Ilmu Administrasi Bisnis disusun guna mempersiapkan mahasiswa mengenali berbagai aspek bisnis sebagai bagian dari sistem sosial, perpaduan bisnis fundamental, kecerdasan sosial, entrepreneurial, dan keterampilan bisnis spesifik untuk pembentukan kompetensi terkait fungsi, proses, dan organisasi bisnis. Pengetahuan bisnis komprehensif dikembangkan sinergis dengan kejelian melihat peluang bisnis. Mata kuliah peminatan & pengetahuan bisnis spesifik:
 
a.       Kewirausahaan 
b.       Komunikasi Bisnis
c.       Bisnis Internasional
d.       Kebijakan dan Strategi SDM 
e.       Kebijakan dan Strategi Pemasaran 
 
Program Studi Ilmu Komunikasi
Dengan proses belajar yang kreatif, mahasiswa dipersiapkan menjadi profesional komunikasi yang berdaya analisis dan berkemampuan eksekusi strategis. Perusahaan lokal, nasional dan global saat ini dihadapkan dengan beragam karakteristik publik. Menghadapi situasi tersebut, individu dengan kompetensi komunikasi sangat dibutuhkan. Unika Atma Jaya memfasilitasi mahasiswa untuk mempelajari kemampuan teknis, pengetahuan dan pemikiran kritis untuk mengembangkan strategi kebijakan komunikasi serta strategi komunikasi pemasaran yang jitu. Peminatan yang dikembangkan:
 
a.       Komunikasi Korporasi 
b.       Komunikasi Pemasaran
 
Bidang ilmu yang dipelajari menyangkut aspek-aspek manajemen yang lebih memberikan tekanan kepada ketrampilan manajerial, segi-segi operasional proses bisnis, pengembangan hubungan interpersonal, pengembangan entrepreneurship dalam organisasi bisnis. 
 
Lulusan Fakultas Ilmu Administrasi( FIA) Unika Atma Jaya diharapkan mampu membangun komunikasi berkelanjutan dengan pelanggan maupun karyawan dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan dunia usaha seperti lingkungan sosial, budaya, hukum dan politik. Lulusan FIA dibekali dengan kesadaran dan ketrampilan multikultural yang memampukan berkarya dalam dunia bisnis yang mengglobal dan melaksanakan komunikasi lintas budaya secara taktis. Waktu Studi, rata-rata pendidikan dapat ditempuh oleh mahasiswa dalam 4 tahun / 8 semester.
 
Program Studi Hospitality (S1 Pariwisata) 
Pengembangan Kepariwisataan menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat, semakin kompleks, semakin beragam dengan tuntutan kualitas yang juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnay mobilitas manusia. Sejalan dengan itu maka pengembangan Kepariwisataan ke depan menuntut tersedianya SDM yang berkualitas bukan saja dalam hal pelayanan, tetapi juga dalam hal perencanaan, penelitian dan pengembangan secara akademis.
 
Berdasarkan pada pemahaman tersebut, Unika Atma Jaya ikut berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembukaan program studi Hospitality jenjang pendidikan Strata Satu sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan pariwisata serta pusat kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan pembangunan sekarang dan masa yang akan datang.
 
Tujuan pendidikan program studi Hospitality adalah untuk menhasilkan profil lulusan sebagai berikut: 
1. Sarjana ilmu pariwisata yang memiliki kompetensi, kreatifitas, kentekstual dan kepedulian sosial  dan              ekologis              
2. Sarjana yang mampu emnghasilkan karya ilmiah di bidang Hospitality yang bermutu 
3. Sarjana yang profesional, beretika dan menjadi bagian komunitas akademis yang dinamis.
 
Peminatan yang dikembangkan:
 
1. Bisnis Akomodasi dan Katering 
2. Bisnis Konvensi
 
Kerjasama Internasional
 
1. SM Management Service PTE, LTD, Singapore 
2. FSC Search PTE, LTD, Singapore 
3. Han's Cafe & Cake House PTE, LTD, Singapore 
4. Hilton International Singapore PTE, LTD, Singapore 
5. Murdoch University, Australia 
6. World Vision International Indonesia, USA 
7. Freiburg Universitat, Deucthland
 
Kerjasama Nasional:
 
1. PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) 
2. HILDIKTIPARI (Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia) 
3. IAPINDO (Ikatan Ahli Perhotelan Indonesia) 
4. Hotel Grand Hyatt, Jakarta 
5. Hotel Shangri La, Jakarta 
6. Hotel Ciputra, Jakarta
 
(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar