Program Studi dan Peminatan di Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan
Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya memiliki Program Studi Sarjana Strata
Satu dengan Program Studi Administrasi Niaga dan Program Studi Ilmu
Komunikasi, dengan proses pembelajaran yang kreatif. Mahasiswa dibina
untuk memiliki kapabilitas, kreativitas, kepedulian, dan kontekstual
terhadap perkembangan jaman.
Program Studi Administrasi Niaga
Perkembangan bisnis dewasa ini
menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi para pebisnis baru.
Kurikulum Ilmu Administrasi Bisnis disusun guna mempersiapkan mahasiswa
mengenali berbagai aspek bisnis sebagai bagian dari sistem sosial,
perpaduan bisnis fundamental, kecerdasan sosial, entrepreneurial, dan
keterampilan bisnis spesifik untuk pembentukan kompetensi terkait
fungsi, proses, dan organisasi bisnis. Pengetahuan bisnis komprehensif
dikembangkan sinergis dengan kejelian melihat peluang bisnis. Mata
kuliah peminatan & pengetahuan bisnis spesifik:
a. Kewirausahaan
b. Komunikasi Bisnis
c. Bisnis Internasional
d. Kebijakan dan Strategi SDM
e. Kebijakan dan Strategi Pemasaran
Program Studi Ilmu Komunikasi
Dengan proses belajar yang kreatif,
mahasiswa dipersiapkan menjadi profesional komunikasi yang berdaya
analisis dan berkemampuan eksekusi strategis. Perusahaan lokal, nasional
dan global saat ini dihadapkan dengan beragam karakteristik publik.
Menghadapi situasi tersebut, individu dengan kompetensi komunikasi
sangat dibutuhkan. Unika Atma Jaya memfasilitasi mahasiswa untuk
mempelajari kemampuan teknis, pengetahuan dan pemikiran kritis untuk
mengembangkan strategi kebijakan komunikasi serta strategi komunikasi
pemasaran yang jitu. Peminatan yang dikembangkan:
a. Komunikasi Korporasi
b. Komunikasi Pemasaran
Bidang ilmu yang dipelajari
menyangkut aspek-aspek manajemen yang lebih memberikan tekanan kepada
ketrampilan manajerial, segi-segi operasional proses bisnis,
pengembangan hubungan interpersonal, pengembangan entrepreneurship dalam
organisasi bisnis.
Lulusan Fakultas Ilmu Administrasi(
FIA) Unika Atma Jaya diharapkan mampu membangun komunikasi berkelanjutan
dengan pelanggan maupun karyawan dan memiliki kepekaan terhadap
lingkungan dunia usaha seperti lingkungan sosial, budaya, hukum dan
politik. Lulusan FIA dibekali dengan kesadaran dan ketrampilan
multikultural yang memampukan berkarya dalam dunia bisnis yang
mengglobal dan melaksanakan komunikasi lintas budaya secara taktis.
Waktu Studi, rata-rata pendidikan dapat ditempuh oleh mahasiswa dalam 4
tahun / 8 semester.
Program Studi Hospitality (S1 Pariwisata)
Pengembangan Kepariwisataan
menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat, semakin kompleks,
semakin beragam dengan tuntutan kualitas yang juga semakin meningkat
seiring dengan meningkatnay mobilitas manusia. Sejalan dengan itu maka
pengembangan Kepariwisataan ke depan menuntut tersedianya SDM yang
berkualitas bukan saja dalam hal pelayanan, tetapi juga dalam hal
perencanaan, penelitian dan pengembangan secara akademis.
Berdasarkan pada pemahaman tersebut,
Unika Atma Jaya ikut berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa melalui pembukaan program studi Hospitality jenjang pendidikan
Strata Satu sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan pariwisata
serta pusat kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan pembangunan
sekarang dan masa yang akan datang.
Tujuan pendidikan program studi Hospitality adalah untuk menhasilkan profil lulusan sebagai berikut:
1. Sarjana ilmu pariwisata yang
memiliki kompetensi, kreatifitas, kentekstual dan kepedulian sosial dan
ekologis
2. Sarjana yang mampu emnghasilkan karya ilmiah di bidang Hospitality yang bermutu
3. Sarjana yang profesional, beretika dan menjadi bagian komunitas akademis yang dinamis.
Peminatan yang dikembangkan:
1. Bisnis Akomodasi dan Katering
2. Bisnis Konvensi
Kerjasama Internasional
1. SM Management Service PTE, LTD, Singapore
2. FSC Search PTE, LTD, Singapore
3. Han's Cafe & Cake House PTE, LTD, Singapore
4. Hilton International Singapore PTE, LTD, Singapore
5. Murdoch University, Australia
6. World Vision International Indonesia, USA
7. Freiburg Universitat, Deucthland
Kerjasama Nasional:
1. PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia)
2. HILDIKTIPARI (Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia)
3. IAPINDO (Ikatan Ahli Perhotelan Indonesia)
4. Hotel Grand Hyatt, Jakarta
5. Hotel Shangri La, Jakarta
6. Hotel Ciputra, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar